Feeds:
Pos
Komentar

Archive for the ‘renungan’ Category

 

Quota pagi ini :

Tetaplah berbuat baik semampumu dan yakinlah Alloh akan membalasnya disaat yang tepat

 

Iklan

Read Full Post »

17April2012

___________
Jiwa takkan kenyang jika tak tersentuh Qanaah
Walau beribu purnama dimilikinya

Dunia hanya tipuan bagai kilatan mutiara di tanah gersang
Wahai hamba Alloh, segalanya akan berakhir
Kita telah tertuang, pada takdir yang bersanding menunggu

( Abu Al’Itahiyah )

Read Full Post »

Besok ya teman-teman …. 31 Maret kita yang ada di Indonesia dan seluruh dunia bersama-sama memperingati hari peduli Bumi. Hari tanggal 31 Maret hanyalah sebagai simbol untuk mengingatkan bahwa kita semua beraksi terhadap keadaan Bumi, tempat kita hidup dan yang telah menghidupi kita semua, sedang sakit dan semakin sakit jika kita semua tidak pernah peduli walau sekecil apapun bentuk kepedulian itu.

Logo memperingati Earth Hour adalah 60+ , pada awalnya dicetuskan logo ini hanya berupa angka 60 saja yang berarti itu merupakan momen beraksi earth hour, satu jam saja mematikan konsumsi semua listrik. Namun sejak 2011 ditambahan plus ( + ) di belakang angka 60 dengan tujuan bahwa mematikan semua aliran listrik bisa dilakukan setiap hari berkelanjutan setelah 31 Maret sampai 31 Maret tahun berikutnya dan seterusnya dan seterusnya. Hanya 1 jam, yang tidak akan mengganggu aktifitas kita karena bisa dilaksanakan disaat semua sedang istirahat yaitu pukul 20.30 – 21.30

Eh iya ini adalah desainku untuk memperingati Earth Hour 2012, desain yang sederhana dan sangat sederhana ampe-ampe ditolak untuk mengikuti kompetisi desain kaos Peduli Bumi. Hehe …. gakpapa yang penting ini buatnya pake hati loh ^_*

Energi listrik yang kita nikmati ini dihasilkan dari pembakaran sumber daya yang tidak terbarukan (minyak bumi dan batu bara). Padahal kita tahu bahwa ketersediaan bahan bakar tersebut semakin menipis dan dampak pembakarannya pun menghasilkan emisi yang mempercepat laju pemanasan global.

Untuk menghindari kerugian yang lebih luas akibat pemanasan global yaitu efisiensi energi dan konversi energi ke sumber-sumber terbarukan. Earth Hour merupakan salah satu wujud efisiensi energi yang bisa dilakukan semua orang secara sederhana.

Bayangkan, kalau 10% warga kota besar saja melakukan penghematan listrik saat Earth Hour, energi yang dihemat bisa bermanfaat memenuhi kebutuhan listrik di kurang lebih 800 desa dan menyediakan oksigen bagi 450 orang.

Dan tahukah teman bahwa ketika listrik padam akan tercipta satu suasana baru yang lebih bisa membuat hati kita tenang, karena disaat gelap itu ada hal yang bisa kita lakukan tanpa listrik. Keluarlah rumah, sendiri ataupun berdua ataupun berbanyak orang, lalu pandanglah langit, lihatlah betapa indahnya bintang-bintang yang bertaburan, lalu pendaran cahaya bulan sambil berbincang dan berimajinasi …. hhhmmm so sweet  tentunya ^_^

Langit mendung, bintang tak kelihatan !!! hoho …. jangan cemberut dulu, yuk nyalain sebatang lilin dan tiba saatnya bermain dengan bayang-bayang …. jreng jrenggg …. bikin animasi shadow menggunakan kedua telapak tangan … mainkan tanganmu mainkan suaramu dan mainkan imajinasimu. Bikin cerita yang lucu yang bisa buat tertawa. dan ….. 1 jam bakal berlalu dengan cepat dan kaupun akan merindukan 1 jam itu.

Selain 1 jam gelap tanpa penerangan listrik apalagi yang bisa kita lakukan ?

Hal yang sederhana dari diri sendiri.

  • Pisahkan sampah organik dan anorganik di rumah. kalau gak punya tempat sampah khusus bisa gunakan satu keranjang sampah khusus sampah basah/ organik dan satu karung bekas beras untuk sampah kering/ anorganik. Yang sampah kering ( isinya bermacam-macam, kertas, bungkus makanan, plastik, koran, kardus susu, sikat gigi rusak, dll ) setelah banyak bisa dijual untuk di daur ulang. Uangnya ? gunakan untuk hal-hal yang berguna dan manfaat. Contoh, dimasukkan kas untuk pembinaan cabe rawit, dimasukkan kas karang taruna dll. Nah kan …. udah bantu nyelametin Bumi, dapat pahala lagi.
  • Pergi ke kantor atau ke tempat-tempat yang mengharuskan kita membawa minum maka bawalah dengan menggunakan botol air minum sehingga bisa dibawa pulang, atau kalau tidak sempat bisa beli air minum kemasan tapi jangan lupa ya bawa botol kosongnya untuk dikumpulkan dan didaur ulang lagi
  • Jangan biasakan tetap menancapkan kabel charge HP padahal Hp dah penuh dan dah di lepas.
  • Ganti bola lampu yang boros listrik dengan lampu yang hemat listrik. Agak mahal memang tapi awet loh ….

Dan banyak lagi yang bisa kita lakukan dari kebiasaan-kebiasaan kita.

Seperti ini nih …. hasil ngumpulin botol di kantor, taraaaa …..

Read Full Post »

Pada jaman sekarang ini mencari anak yang pintar dan berprestasi mudah sekali kita temui, tetapi jika kita harus mencari anak yang berkarakter yaitu anak yang yang pintar, bertingkah laku baik, jujur, kreatif, pandai mengontrol diri dan emosi, tentu sangatlah jarang kita temui.

kehilangan kontrol diri dan emosi dalam setiap tingkah laku anak mengakibatkan banyak terjadinya hal negatif, seperti tawuran, tidak disiplin, tidak jujur, tidak bertanggung jawab dan bahkan yang lebih meresahkan saat ini adalah terjerumusnya anak kedalam pergaulan bebas dan narkoba. Dan yang paling menyedihkan adalah bahwa yang negatif itu telah menjadi trend dalam kalangan anak muda jaman sekarang.

Ada sebuah kalimat yang patut menjadi renungan kita bersama, yaitu ” Jika ingin melihat Indonesia pada 10 tahun mendatang maka lihatlah keadaan pemuda saat ini, dan jika ingin melihat Indonesia pada 20 tahun mendatang maka lihatlah keadaan anak-anak kecil saat ini.” Maka tidak dapat dipungkiri, mau tidak mau saat ini kita semua yang merasa sebagai orang tua, atau katakanlah orang yang lebih tua bertanggung jawab atas masa depan Indonesia di masa mendatang dengan lebih memperhatikan pemuda dan anak-anak di masa kini.

John C. Maxwell dalam bukunya yang berjudul The 21 Indispensable Qualities Of Leader, mengatakan bahwa karakter yang baik lebih dari sekedar perkataan. Karakter yang baik adalah sebuah pilihan yang membawa kesuksesan, ia bukan anugerah, tetapi di bangun sedikit demi sedikit, dengan pikiran, perkataan, perbuatan nyata, melalui pembiasaan, keberanian, usaha keras dan bahkan dibentuk dari kesulitan demi kesulitan saat menjalani kehidupan. 

‘ Bukan Sekedar Perkataan !!’  maka lakukan pengajaran karakter melalui sebuah contoh, sebuah contoh  dalam setiap aspek kehidupan. Ingatlah sifat anak-anak yaitu ” Mereka Melihat Mereka Melakukan “. Jika saja yang mereka lihat saat ini, baik dari orang tua sebagai orang terdekat, guru, para idola mereka mulai dari artis sampai anggota DPR, tayangan-tayangan film drama atau sinetron, banyak yang menyajikan hal yang bersifat negatif, maka apa jadinya terhadap pembentukan karakter mereka ? Jika kita sebagai orang yang lebih tua mengatakan ‘ jangan melakukan itu karena itu berakibat jelek pada dirimu.’ sedangkan tokoh idola mereka telah melakukan hal yang kita larang ????

Melalui peran keluarga, membangun karakter juga akan lebih efektif  jika dilakukan melalui jalur pendidikan. Pembentukan karakter harus dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan. Pintar saja tidak cukup. Karakter yang kuat, tangguh dan kreatif harus juga dimiliki setiap orang khususnya setiap anak muda dan anak-anak kita saat ini. Banyak contoh tentang orang-orang yang sukses itu tidak harus yang pintar dan mempunyai gelas S berapapun 😀 tetapi mereka yang sukses adalah mereka yang mempunyai pendidikan seadanya dengan dibarengi disiplin, kreatifitas dan kemauan hati yang kuat, mereka bahkan yang lebih mampu menjadi pemenangdi tengah persaingan yang ketat.

Mengapa sih Pembentukan Karakter menjadi begitu penting ?

Karena …. Karakter adalah moral atau akhlak yang dibangun atas berbagai kebajikan. Penanaman akhlak moral kedalam hati dan jiwa mereka melalui pembiasaan dan contoh-contoh sejak dini akan memantapkan diri mereka sebagai pemuda yang mempunyai prinsip hidup yang positif. Penanaman nilai-nilai menghormati, menghargai dan menyayangi orang tua, penanaman nilai-nilai kedisiplinan, kejujuran, kreatifitas, keluwesan dalam pergaulan, serta nilai-nilai kepercayaan diri akan memberikan dampak positif dalam kehidupan mereka di masa yang akan datang.

“Kebesaran suatu bangsa terletak di tangan para penerusnya”

Read Full Post »

Alhamdulillah

Alhamdulillah …..

segala puji bagi Alloh Tuhan semesta alam

yang telah memberikan nikmat tiada tara

bahkan dalam ujian yang diberikanNYA pun

merupakan wujud kasih sayangNYA

Alhamdulillah …..

segala puji bagi Alloh Tuhan Yang Maha Kuasa

segala yang terjadi adalah karena KuasaNya

yang telah menganugerahkan sesuatu yang menjadi keinginan hati

bahkan dalam sesuatu yang bukan keinginanpun

ada seribu kebaikan tercipta

Alhamdulillah …..

segala puji bagi Alloh Tuhan Yang Menciptakan mentari dan rembulan

Mentari sebagai penerang kehidupan dan rembulan sebagai pengayom saat terlelap

dan bahkan ketika mentari tertutup mendung pun, ada anugerah besar yang tercurahkan berupa hujan

Subhanalloh …. Wabihamdihi

Subhanallohiladzim ….

Read Full Post »


‘ Duniamu kini telah kembali, orang-orang yang pernah menghilang dari kehidupanmu kini telah kembali, teman-teman yang selalu ceria, cerewet, yang dengan mereka kamu merasa ramai dan bisa menghidupkan waktu-waktumu kini telah kembali. Facebook telah berjasa, karenanya hubungan dan komunikasi kalian telah terjalin lagi. Selamat ya …. ‘

Masih kuingat saat pertama pertemuan kita, kau dan aku …. kita selalu bersama, mencoba hidupkan waktu-waktu, mencoba saling merangkai kata, menyusun frame gambar lalu kita betukar tulisan pendek pesan tentang persahabatan, kau dan aku selalu berusaha mencari sesuatu yang bisa dikerjakan bersama, yang membuat kita tertawa bersama dan terkadang saling ejek. Saat itu …. ikatan batin kita terlalu kuat, hari-hari begitu indah kulalui bersamamu, sapamu … senyummu … selalu bisa hangatkan jiwaku. Masih kuingat saat -saat hangat kebersamaan kita, kala itu tidak ada yang bisa menghalangi satu kata dariku dan satu kata darimu, yaitu … ‘ Sahabat ‘.

Hingga …. solmed yang begitu populer itu mampu mengumpulkan orang-orang yang pernah menjadi bagian dalam keseharianmu sebelum ada aku. Orang-orang yang menyenangkan menurutku, yang ternyata mampu mengalihkan perhatianmu terhadapku … yang pernah kau anggap sahabat. Aku …. sendiri …. kau tinggalkan disini, kau tinggalkan aku untuk tertawa bersama mereka.

Hatiku terbalut luka …. rasa cemburu tentu ada …. rasa rindu menyeruak dalam dada berharap kutemukan sapa, berharap kutemukan wajahmu dengan senyum hangat untukku, sambil kumenunggu harapan itu terwujud kucoba membuat gambar, kutuliskan namamu disitu lalu kukirimkan kepadamu … kuinginkan kaupun mau menuliskan namaku disitu …. namun ternyata kekecawaan yang kudapat, kau bilang kau tak bisa  membuatnya …. lalu aku terdiam …. menangis dalam hati dan kucoba menahannya agar tidak sampai keluar membasahi pipi. Aku tersenyum ….. tersenyum … dan kucoba selalu tersenyum … saat kau kembali tertawa bersama mereka.

Sekarang … aku disini … sendiri …. dari sini masih bisa kulihat bahagiamu bersama mereka. Dan biarlah aku tetap disini memandang bahagiamu tanpa tahumu …. aku sudah cukup bahagia lihat tawamu …. aku sudah cukup bahagia lihat sehatmu …. aku cukup bahagia dengan yang pernah kau berikan padaku … sahabat …..

Dan duniamu telah kembali ……..

seiring  jejakku yang  tak lagi kelihatan disisimu ….

 

 

Read Full Post »

Kata Pak Mario Teguh :

Rasa cemburu adalah tanda
bahwa cintamu itu harus memiliki.

… Rasa cemburu itu wajar,
karena engkau menuntut
untuk menjadi yang pertama
dalam semua daftar kepentingan
dalam hidup kekasihmu.

Jika ada yang mengancam
kedudukanmu dalam cintanya,
hatimu akan meradang dengan kesedihan,
kemarahan, tuntutan, dan ancaman.

Tapi,
jika engkau yakin dengan nilai dirimu,
sesungguhnya dia-lah yang rugi
jika menggantikanmu.

Marahlah, tapi tetaplah berlaku anggun.

_______________________________________

 

Marahlah …. tapi tetaplah berlaku anggun
suka dengan kalimat ini

Cemburu memang seringkali datang tanpa diundang, menghancurkan hati, mengiris kalbu, dan cemburu hanya dialami oleh orang-orang yang sedang jatuh cinta dan mencintai. Menyesakkan dada sudah pasti, namun benar kata pak Mario, cemburu hanya mengecilkan nilai potensi dirimu.

Belajar ikhlas …. ikhlas dan ikhlas …. kalau memang kekasihmu tidak lagi menghendakimu, maka mundurlah perlahan dengan kemenangan dan tetaplah tabah.

 

 

****~@_@~****

Read Full Post »

« Newer Posts - Older Posts »