Feeds:
Pos
Komentar

Archive for the ‘Jelajah’ Category

the_pursuit_of_happyness-t1

Sepertinya sangat terlambat jika baru saat ini saya menulis isi dari film ‘ The Pursuit Of Happyness ‘, sebab film ini sudah di rilis di bulan Desember 2006. Lalu kenapa terlambat ? Dengan jujur saya katakan kalau baru tadi malam saya melihat filmnya di TV, hehe … memang saya bukanlah seorang maniak film yang selalu mengikuti trend film terbaru dengan cepat. Tetapi begitu tadi malam saya mendapat kesempatan melihat film ini, waow …. sepertinya jadi tidak ingin memalingkan wajah sebentarpun.

Saya tidak begitu tahu tentang latar belakang pembuatan film ini, oleh karena itu saya hanya mencoba mengulas tentang nilai-nilai yang ingin disampaikan dalam film ini.

Dimulai dengan kisah Chris Gardner,  ayah dari seorang anak usia lima tahun yang berobsesi bisa menjual semua scanner yang telah dibelinya dengan menginvestasikan semua uangnya. Tidak setiap hari dia bisa menjual ke Rumah Sakit atau Dokter, sehingga akhirnya terjadi kekurangan ekonomi dalam keluarganya. Bahkan akhirnya, Linda istri Chris harus meninggalkannya karena sudah tidak merasa bahagia. Chris berusaha agar anak mereka, Christoper tetap dalam asuhannya walau dalam keadaan yang kekurangan. Namun begitu, tak sekalipun saya mendengar Chris mengeluhkan keadaan mereka kepada anaknya, Dia sangat melindungi anaknya, setiap waktu ketika bersama anaknya menjadi sangat berharga dan selalu diisi dengan sesuatu yang mengkayakan hatinya. Nasihat, tindakan, kata-kata optimisme selalu ada dalam setiap kebersamaan mereka.

happyness_main

Seperti saat suatu hari, Chris harus meninggalkan rumah kontrakan karena memang belum bisa melunasi semua tunggakan. Saat berkeliling mencari tempat bernaung mereka duduk di pinggir jalan, anaknya terlihat capai dan perasaan kecewa karena tidak bisa istirahat di rumah seperti biasanya. Dengan penuh rasa kebapakan, Chris mengatakan tentang scanner yang dibawanya itu adalah mesin waktu, bersama mereka menekan tombol hitamnya dan saat itu, Chris berimajinasi tentang masa lampau, masa ketika masih ada dinosaurus dan kawan-kawannya. Awalnya christoper tak merespon tetapi ayahnya terus berimajinasi dengan menghidupkan cerita yang akhirnya mengantar mereka ke sebuat toilet yang mereka sebut sebagai goa tempat bersembunyi dari kejaran dinosaurus. Beralaskan tissu dan berbantalkan kaki Chris, akhirnya Christoper bisa tidur dengan nyenyak dalam dekapan seorang ayah yang sangat menyayanginya.

 

Kejujuran dan kesungguhan dalam berusaha mewujudkan impiannya menjadi seorang pialang saham telah di buktikannya, kerja keras dan manajemen waktunya   sungguh luar biasa. Pantang menyerah, walau kadang terlihat ia harus menitikkan air mata namun itu sungguh air mata yang bukan karena ingin dikasihani oleh orang lain. Tidak pelit terhadap anaknya, walau dalam keadaan yang kekurangan, ia berusaha agar anaknya bisa mendapatkan tempat dan makanan yang layak. 

the-pursuit-of-happyness-movie-review

Protect your dreams, if you want something …. Go and get it !!!

Iklan

Read Full Post »

Obat Biduran

Beberapa hari yang lalu anakku, Kemal mengalami biduran dengan bentol-bentol kecil di bagian perut, dada, lengan, dan di wajahnya. Sebagai pertolongan pertama aku oleskan minyak tawon untuk mengurangi rasa gatalnya. Lalu sampai sore tak kunjung hilang tuh bentol-bentol. Kata tetanggaku anakku kena sakit biduran.

So … aku belikan obat di toko sebelah rumah, Lacomin. Lewat hari kemarin, biduran anakku tak hilang pula. Lalu pada sore harinya ketika aku ke masjid mintakan ijin untuk tidak mengaji, guru anakku menyarankan obat ‘ Dexteem Plus ‘. Obat itu pernah di berikan oleh dokter kandungan sewaktu beliau hamil dan mengalami biduran. Selain untuk biduran, bisa juga untuk gatal-gatal karena alergi.

Tablet Dexteem plus keciilll …. dan Alhamdulillah, sekali minum bentol-bentol langsung hilang, dan untuk antisipasi, di minum lagi untuk keesokan harinya 1 atau 2 tablet lagi.

Buat teman-teman yang sedang bingung mencari obat biduran, coba deh beli di apotik Dexteem plus, dan semoga cepat sembuh ya ^_^

Untuk referensi info, bisa meluncur kesini ya : http://www.farmasiku.com/index.php?target=products&product_id=32530

Semoga bermanfaat ….

Read Full Post »

 

AstaQfirulloh hal’adzim …… inilah hidup, yang tak selamanya akan berjalan semulus yang kubayangkan.  Tak semudah seperti yang telah di rencanakan, tak seindah yang telah di rajut dalam mimpi-mimpi.

Inilah hidup, ketika kita harus menerima sesuatu dengan rasa kecewa, meskipun telah berusaha sekuat tenaga dan pikiran. Ketika kita harus melepas sesuatu dengan berat meskipun telah diusahakan dengan peluh yang menetes deras.

Inilah hidup, kadangkala bahagia yang tinggal satu depak harus terpaksa terlepas dari genggaman.

Dan …. memang beginilah hidup

Read Full Post »

Tidak Ikhlas adalah ….

Ketika hari ini kita merasa ikhlas memberikan sesuatu untuk orang lain, tetapi dikemudian hari kita sengaja atau tidak sengaja telah mengungkit pemberian itu kepada orang lain, maka saat itu … kita telah membuktikan bahwa apa yang telah kita beikan kemarin adalah telah tidak ikhlas.

Ketika hari ini kita telah ‘ menggerundel ‘ tentang sesuatu masalah yang kemarin kita telah merasa ikhlas , maka esungguhnya ikhlas yang kemarin adalah palsu.

Ketika kita masih saja merasa iri dan dengki dengan rejeki yang telah diterima teman kita, maka saat itu dalam hati kita telah ada sedikit upaya tidak ikhlas dengan apa yang telah diberikan kepada kita.

Ketika kita merasa telah percuma melakukan atau mengeluarkan sesuatu kebaikan yang padanya kita berharap kebaikan pula yang akan kita terima.

Ketika kita masih saja mendoakan jelek kepada seseorang yang telah melukai kita, padahal kita tahu bahwa hanya Alloh lah yang berhak menghakimi terhadap sesuatu.

… dan masih banyak ‘ ketika ‘ yang hanya diri kita yang bisa merasakan dan mengetahuinya. Dan semoga dengan mengetahui keadaan hati kita yang sesungguhnya maka kita akan bisa senantiasa belajar bagaimana ikhlas yang sesungguhnya itu.

 

Bagaimana hidupmu kelak adalah bagaimana keadaan hatimu dan pikiranmu saat ini ^_^

Read Full Post »

Tidak terasa sebentar lagi Ramadhan telah tiba. Satu bulan dalam satu tahun, kesempatan yang diberikan Alloh Swt kepada hambaNYA untuk bertaubat, memperbaiki kualitas diri, memperbaiki kualitas kesehatan, memberi kesempatan untuk lebih bisa mendekatkan diri kepada Alloh Swt serta kesempatan untuk menabung pahala sebanyak-banyaknya.

Ramadhan adalah tamu yang mulia, perlu mempersiapkan untuk menyambut kedatangannya dengan suka cita. Seperti halnya menyambut tamu, maka ada tiga type cara penyambutan. Ada yang menyambut dengan gembira karena ini adalah saat terbaik untuk menggugurkan dosa, meningkatkan pahala dan saat terbaik untuk menyambung tali silahturakhim. Bulan penuh berkah, bulan penuh rahmat, dan bulan saat kembali kepada AlQur’an dan ibadah. Type yang lain adalah type yang menyambut dengan biasa-biasa saja, tidak ada sesuatu yang istimewa, datang ya silahkan gak datang ya gak diharapkan. cuek bebek, sakarepe wes . Lalu type yang ketiga adalah type yang merasa berat dengan kedatangan bulan Ramadhan ini. Ia merasa kedatangan Ramadhan adalah penghalang untuk memuaskan hawa nafsunya.

Lalu termasuk type yang manakah kita ? Semoga termasuk type yang pertama ya … harus itu !!!

Untuk menyambut Ramadhan dengan sebaik-baiknya maka di perlukan persiapan menyeluruh, diantaranya adalah :

  • Persiapan fisik
    Dalam puasa kita  diharuskan menahan makan dan minum oleh karena itu persiapan tubuh yang sehat dan kuat sangat dibutuhkan. Sejak awal kita hendaknya menyetting pikiran kita bahwa kita nanti bakal bisa melakukan puasa dengan ringan dan senang, sehingga saat awal-awal puasa pun kita akan bisa melewatinya dengan  benar. Karena perlu diingat bahwa pikiran kita akan sangat mempengaruhi tubuh kita. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur, juga air putih untuk menghadapi puasa Ramadhan dengan cuaca yang seperti saat ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Mengetahui manfaat puasa bagi kesehatan juga penting sehingga kita akan semakin semangat dan selalu berpikir positif menghadapinya.

    Manfaat puasa antara lain : Menyehatkan saluran pencernaan, menurunkan kelebihan berat badan, menghindarkan tubuh dari penyakit kencing manis, Memelihara tubuh dan sel dari sisa-sisa dan kelebihan zat karena saat puasa sel-sel yang lemah atau sakit akan digantikan dengan sel-sel yang baru ( regenerasi ), dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

    Pengaturan makanan amat penting bagi kesehatan, terlebih saat puasa zat gizi harus tetap tercukupi untuk menjamin semua organ tubuh bekerja secara normal. Alloh Swt telah mengingatkan kita agar tidak makan dan minum secara berlebihan dalam QS Al-a’roof : 31. Begitu juga sabda Rasulullah Saw, ‘ Perut itu adalah rumah segala penyakit dan penjagaan atas makanan adalah permulaan pengobatan. permulaan penyakit adalah adalah mengisi perut dengan berlebih-lebihan.’ Dan menurut para dokter, Puasa adalah detoksifikasi yang paling murah.

  • Persiapan Mental
    Puasa akan membuat jiwa menjadi lebih tenang, karena biasanya akan banyak aktifitas  yang tidak bermanfaat dikurangi dan digantikan dengan aktifitas keagamaan yang mendatangkan banyak pahala. Oleh karena itu diperlukan persiapan secara mental atau secara ilmu. Mencari ilmu yang berkaitan dengan puasa Ramadhan dan segala aktifitas yang bisa dilakukan untuk menambah nilai ibadah. Mengkaji ilmunya puasa Ramadhan dari Al-Qur’an dan Hadist, mulai perintah, cara dan pahalanya. Keutamaan sahur, berdoa menjelang berbuka, memperbanyak sholat-sholat sunnah, dan lain sebagainya. Dengan mengkaji kembali berarti mengingatkan kita dan menambah semangat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.
  • Persiapan Spiritual
    Ada yang puasa hanya mendapatkan lapar dan dahaganya saja, itu karena puasanya tidak memiliki nilai spiritual dari hati sehingga saat puasa jiwanya tidak ikut puasa. Hatinya masih peuh dengan rasa iri, dengki, benci, hasud, dendam bahkan pikirannya juga masih kotor. Oleh karena itu, persiapan spiritual sangat diperlukan. Sadarkan hati tentang betapa pentingnya kedatangan bulan Ramadhan, lalu memperbanyak lisan untuk berdzikir dan beristighfar. Saat menjelang hendaknya saling meminta maaf dengan saudara, tetangga, orang tua, teman dan sahabat, sehingga memasuki Ramadhan dengan jiwa yang bersih.

InsyaAlloh jika kita memepersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, kita akan mendapatkan hikmah dan berkah dari Ramadhan.

Yuk mari count down to Ramadhan ……

 

 

~****~

Read Full Post »

17April2012

___________
Jiwa takkan kenyang jika tak tersentuh Qanaah
Walau beribu purnama dimilikinya

Dunia hanya tipuan bagai kilatan mutiara di tanah gersang
Wahai hamba Alloh, segalanya akan berakhir
Kita telah tertuang, pada takdir yang bersanding menunggu

( Abu Al’Itahiyah )

Read Full Post »

Besok ya teman-teman …. 31 Maret kita yang ada di Indonesia dan seluruh dunia bersama-sama memperingati hari peduli Bumi. Hari tanggal 31 Maret hanyalah sebagai simbol untuk mengingatkan bahwa kita semua beraksi terhadap keadaan Bumi, tempat kita hidup dan yang telah menghidupi kita semua, sedang sakit dan semakin sakit jika kita semua tidak pernah peduli walau sekecil apapun bentuk kepedulian itu.

Logo memperingati Earth Hour adalah 60+ , pada awalnya dicetuskan logo ini hanya berupa angka 60 saja yang berarti itu merupakan momen beraksi earth hour, satu jam saja mematikan konsumsi semua listrik. Namun sejak 2011 ditambahan plus ( + ) di belakang angka 60 dengan tujuan bahwa mematikan semua aliran listrik bisa dilakukan setiap hari berkelanjutan setelah 31 Maret sampai 31 Maret tahun berikutnya dan seterusnya dan seterusnya. Hanya 1 jam, yang tidak akan mengganggu aktifitas kita karena bisa dilaksanakan disaat semua sedang istirahat yaitu pukul 20.30 – 21.30

Eh iya ini adalah desainku untuk memperingati Earth Hour 2012, desain yang sederhana dan sangat sederhana ampe-ampe ditolak untuk mengikuti kompetisi desain kaos Peduli Bumi. Hehe …. gakpapa yang penting ini buatnya pake hati loh ^_*

Energi listrik yang kita nikmati ini dihasilkan dari pembakaran sumber daya yang tidak terbarukan (minyak bumi dan batu bara). Padahal kita tahu bahwa ketersediaan bahan bakar tersebut semakin menipis dan dampak pembakarannya pun menghasilkan emisi yang mempercepat laju pemanasan global.

Untuk menghindari kerugian yang lebih luas akibat pemanasan global yaitu efisiensi energi dan konversi energi ke sumber-sumber terbarukan. Earth Hour merupakan salah satu wujud efisiensi energi yang bisa dilakukan semua orang secara sederhana.

Bayangkan, kalau 10% warga kota besar saja melakukan penghematan listrik saat Earth Hour, energi yang dihemat bisa bermanfaat memenuhi kebutuhan listrik di kurang lebih 800 desa dan menyediakan oksigen bagi 450 orang.

Dan tahukah teman bahwa ketika listrik padam akan tercipta satu suasana baru yang lebih bisa membuat hati kita tenang, karena disaat gelap itu ada hal yang bisa kita lakukan tanpa listrik. Keluarlah rumah, sendiri ataupun berdua ataupun berbanyak orang, lalu pandanglah langit, lihatlah betapa indahnya bintang-bintang yang bertaburan, lalu pendaran cahaya bulan sambil berbincang dan berimajinasi …. hhhmmm so sweet  tentunya ^_^

Langit mendung, bintang tak kelihatan !!! hoho …. jangan cemberut dulu, yuk nyalain sebatang lilin dan tiba saatnya bermain dengan bayang-bayang …. jreng jrenggg …. bikin animasi shadow menggunakan kedua telapak tangan … mainkan tanganmu mainkan suaramu dan mainkan imajinasimu. Bikin cerita yang lucu yang bisa buat tertawa. dan ….. 1 jam bakal berlalu dengan cepat dan kaupun akan merindukan 1 jam itu.

Selain 1 jam gelap tanpa penerangan listrik apalagi yang bisa kita lakukan ?

Hal yang sederhana dari diri sendiri.

  • Pisahkan sampah organik dan anorganik di rumah. kalau gak punya tempat sampah khusus bisa gunakan satu keranjang sampah khusus sampah basah/ organik dan satu karung bekas beras untuk sampah kering/ anorganik. Yang sampah kering ( isinya bermacam-macam, kertas, bungkus makanan, plastik, koran, kardus susu, sikat gigi rusak, dll ) setelah banyak bisa dijual untuk di daur ulang. Uangnya ? gunakan untuk hal-hal yang berguna dan manfaat. Contoh, dimasukkan kas untuk pembinaan cabe rawit, dimasukkan kas karang taruna dll. Nah kan …. udah bantu nyelametin Bumi, dapat pahala lagi.
  • Pergi ke kantor atau ke tempat-tempat yang mengharuskan kita membawa minum maka bawalah dengan menggunakan botol air minum sehingga bisa dibawa pulang, atau kalau tidak sempat bisa beli air minum kemasan tapi jangan lupa ya bawa botol kosongnya untuk dikumpulkan dan didaur ulang lagi
  • Jangan biasakan tetap menancapkan kabel charge HP padahal Hp dah penuh dan dah di lepas.
  • Ganti bola lampu yang boros listrik dengan lampu yang hemat listrik. Agak mahal memang tapi awet loh ….

Dan banyak lagi yang bisa kita lakukan dari kebiasaan-kebiasaan kita.

Seperti ini nih …. hasil ngumpulin botol di kantor, taraaaa …..

Read Full Post »

Older Posts »